Social Icons

http://dodadidu.blogspot.com/

Sunday

Kucing Iriomote

Kucing Iriomote (Prionailurus iriomotensis ; Jepang: 西 表 山猫 Iriomote-yamaneko[/i]), adalah kucing liar seukuran kucing domestik yang hidup secara eksklusif di pulau Jepang Iriomote. Oleh ahli biologi, kucing ini dianggap sebagai "fosil hidup", karena tidak banyak berubah dari bentuk primitifnya. Kucing Iriomote adalah salah satu spesies yang terancam punah. Kucing ini sebelumnya dianggap sebagai subspesies kucing macan tutul, dengan perkiraan populasi kurang dari 100 individu.

 (sumber: kaskus.co.id)
Ketika ditemukan pada tahun 1965, kucing itu dianggap sebagai kucing yang selamat dari garis kepunahan dari kucing dan ditempatkan dalam genus Mayailurus terpisah iriomotensis Mayailurus. Ia kemudian dikategorikan sebagai sebuah subspesies kucing macan tutul, sebelum diangkat ke tingkat spesies lagi dalam genus yang sama dengan kucing macan tutul, Prionailurus. Beberapa pihak berwenang masih mengklaim untuk mengklasifikasikan kucing Iriomote sebagai suatu spesies terpisah, karena terlihat cukup berbeda dari kucing macan tutul daratan.

Kucing Iriomote memiliki bulu kehitaman atau coklat keabu-abuan, bintik gelap di baris memanjang padat yang menandai tubuhnya. Bintik-bintik cenderung untuk menyatu menjadi satu. Lima atau tujuh garis gelap berlari sepanjang leher, dan dua garis putih lari dari sudut-sudut setiap mata di pipi. Tebal dan lebat, ekor relatif pendek; melihat dekat pangkal itu mengelilingi menuju ujung. Bagian belakang telinga bulat gelap dengan bintik-bintik tengah putih.

Kucing betina memiliki ukuran tubuh rata-rata 48 cm (19 in) tidak termasuk ekor dan jantan sedikit lebih besar pada 53-56 cm (21-22 in) tidak termasuk ekor. Kucing Iriomote termasuk kucing yang hidup soliter. Pada malam hari ia berburu dengan memanjat pohon. kucing Iriomote adalah predator generalis oportunistik. Aktifitasnya banyak dilakukan pada malam hari dan musim panas. 

Pada musim dingin, berat badan kucing ini cenderung turun. Diakibatkan aktifitasnya yang cenderung turun pula. Mereka lebih banyak melakukan aktifitas perkawinan daripada melakukan perburuan. Perkawinan diperkirakan terjadi pada bulan Februari / Maret dan September / Oktober. Setelah kehamilan sekitar 60 hari, dua sampai empat anak kucing yang lahir di sarang, biasanya di celah batu ataupun di pohon berlubang. Dibanding kucing domestik, kucing ini lebih cepat mandiri yaitu ketika menginjak usia 3 bulan sudah mampu mencari makanan sendiri.

Kucing ini endemik ditemukan, di dekat air, di seluruh pulau Iriomote yang seluas 292 km ², termasuk pantai dan lahan budidaya. Hampir 100 ekor kesulitan bertahan karena perusakan habitat dan perburuan liar. Meskipun pada tahun 1977 kucing Iriomote dinyatakan sebagai Nasional Jepang Treasure, tekanan pembangunan menimbulkan ancaman yang sangat serius.
 
Kucing Iriomote pertama kali diidentifikasi pada tahun 1967, oleh ahli biologi Imaizumi. Sebuah studi baru yang berfokus pada kucing Iriomote saat ini berlangsung di University of the Ryukyus, di bawah arahan Prof Masako Izawa, yang telah mempelajari kucing sejak tahun 1982.

Diambil dari sini

No comments:

Post a Comment