Social Icons

http://dodadidu.blogspot.com/

Tuesday

5 Cara mengatasi rasa takut

Setiap orang memiliki rasa takut. Hal tersebut tergolong wajar. Rasa takut merupakan bagian dari perasaan seseorang yang berifat manusiawi. Namun, kadarnya berbeda antara seorang dengan yang lainnya. Jika takut yang dirasakan berlebihan dan menguasai hidup Anda, itu yang tidak sehat dan perlu diatasi.

Anda harus menemukan cara mengatasi rasa takut, terutama ketakutan yang tidak rasional, dan bisa merugikan Anda sendiri. Berikut beberapa metode untuk mengatasi rasa takut menurut Methods of Healing,

(ketakutan? lawan!!)

1. Kenali ketakutan Anda
Langkah pertama mengatasi rasa takut ialah dengan mencari penyebabnya. Apa yang membuat Anda merasakan takut. Bagaimana perasaan itu menguasai Anda. Dengan menyadari apa yang menyebabkan Anda ketakutan, dapat mengurangi rasa takut tersebut. Cobalah Anda berdialog dengan diri sendiri untuk mengatasinya.

2.Melawan ketakutan
Bila Anda takut akan sesuatu, salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menghadapi dan menantangnya. Jika Anda takut ketinggian, pergilah ke atas sebuah gedung tinggi dan melihat ke bawah. Cara ini dapat membantu Anda mengatasi rasa takut.
3.Mengendalikan mental
Cara ketiga ini merupakan cara yang sederhana, yaitu dengan mengendalikan pikiran Anda untuk menghindari rasa takut. Bila mulai merasa takut, lawanlah perasaan itu. Lakukan sesuatu untuk mengalihkan perhatian. Hentikan perasaan yang membuat takut. Cara ini sangat efektif untuk diterapkan dalam mengatasi rasa takut. Hal ini penting sekali dilakukan, terutama bagi mereka yang tidak mampu mengontrol ketakutannya sehingga selalu mengkhawatirkan hal-hal sama.

4.Ubah ketakutan
Untuk menghadapi sumber dari rasa takut, maka harus mengakui apa yang membuat Anda takut. Setelah itu, mengubah rasa takut itu dengan mencari tahu cara menghadapinya. Jika merasa takut berjalan sendirian pada malam hari, pada sebagian orang ada yang mengambil kursus bela diri untuk melindungi diri. Sebagian yang lain dengan meningkatkan percaya diri, karena hal tersebut diyakini meningkatkan keberanian.

5.Relaksasi
Relaksasi tubuh dapat dilakukan dengan cara meditasi dan yoga. Latihan ini dapat menjadi aktivitas pilihan untuk mengatasi rasa takut.

No comments:

Post a Comment